Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

1. Apakah Belanjabareng.id sama dengan marketplace B2C pada umumnya ?


Berbeda, karena Belanjabareng.id merupakan platform B2B yang memberikan akses yang berdampak kepada mudahnya proses UMKM dalam menemukan pabrik dan supplier ternama dan terpercaya melalui teknologi dan fitur yang mudah, aman, dan terintegrasi oleh belanjabareng.id



2. Apakah Belanjabareng.id sama dengan marketplace B2B pada umumnya ?

Berbeda, Belanjabareng.id berbeda dengan marketplace B2B pada umumnya karena Belanjabareng.id memiliki fitur utama yaitu group buying yang dapat lebih memudahkan UMKM Indonesia dalam melakukan pembelanjaan produk yang diinginkan dengan daya beli yang dimiliki



3. Kapan pesanan diproses dan bagaimana proses pengirimannya ?

Proses pesanan dilakukan setelah pembayaran DP diterima dan langsung dikirim kealamat pembeli setelah pembayaran lunas 100% dengan ekspedisi yang telah dipilih oleh customer



4. Apakah customer dapat berkomunikasi dengan supplier atau produsen secara langsung ?

Masih dalam tahap proses pengembangan. Kedepannya akan ada fitur livechat dengan produsen/supplier secara langsung. Saat ini Belanjabareng.id masih berperan langsung sebagai forwarder jika ada orderan atau pesanan dari customer



5. Apakah customer dapat berbelanja tanpa mendaftar sama sekali ?

Bisa, namun ketika ada complain atau meminta pengembalian dana, tidak dapat diproses jika belum sign up



6. Apakah semua produk dari Belanjabareng.id ada garansi?

Tidak semuanya memiliki garansi



7. Apakah customer dapat membatalkan pesanan ?

Bisa, selama belum melakukan pembayaran/transaksi pesanan dapat dicancel. Jika dicancel setelah melakukan pembayaran maka akan disesuaikan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. (link syarat dan ketentuan)



8. Bagaimana jika pesanan tidak sesuai ?

Apabila pesanan yang diterima tidak sesuai, Anda dapat melakukan pengembalian/penukaran dengan mengubungi customer services via telepon atau E-mail. Jangan lupa sertakan pula bukti foto yang menunjukkan kecacatan produk sehingga produk layak untuk ditukar/dikembalikan



9. Apakah transaksi di belanjabareng.id aman ?

Aman Karena Belanjabareng.id menghubungkan kepada supplier/produsen yang terpercaya dan ternama serta Kami bertanggungjawab pada setiap transaksi jual-beli dengan menahan dana pembayaran dan meneruskan ke produsen/suplier jika barang sesuai dan telah dikonfirmasi oleh customer yang bersangkutan



10. Apakah Customer Dapat Melakukan Permintaan Barang yang tidak ada di display ?

Bisa, dengan cara klik icon line@ atau WA Belanjabareng.id



11. Mengapa cara berbelanja di Belanjabareng.id belum sepenuhnya otomatis ?

Betul, khusus untuk payment gate system pada bagian unggah bukti pembayaran masih manual. Karena saat ini belanjabareng.id masih proses dalam pengembangan untuk automatic payment system dan masih proses bekerjasama dengan institusi perbankan. Walau masih manual, keamanan dan kenyaman transaksi kami jamin



12. Bagaimana cara pembayaran dan konfirmasi bukti pembayaran saat berbelanja di belanjabareng.id ?

Sementara ini, konfirmasi pembayaran dapat ditujukan langsung ke customer service belanjabareng.id dengan alur :

• Isilah format yang muncul dengan sebaik mungkin

• Upload bukti transfer pada customer service(line@ atau Whatsapp) BelanjaBareng.id

• Tunggu invoice resmi yang pihak BelanjaBareng.id kirimkan ke email yang telah kamu input atau balasan chat

• Simpan bukti invoice resmi Anda

• Tunggu pesan selanjutnya yang akan di kirimkan melalui customer service(line@ atau Whatsapp) terkait resi pengiriman


Cara Pemesanan

smartphone
1

Pilih produk yang diinginkan

2

Add to cart

3

Pengisian Detail Pengiriman

4

Bayar

5

Upload Bukti Transfer

6

Validasi Pembayaran

7

Group Buying

apple store android